large image
RSUD SLEMAN MENGADAKAN SARASEHAN HEMODIALISA
Kategori Berita | Diposting pada : 2016-06-07 -|- 10:13:00 oleh Admin
Share this article on

Sarasehan Hemodialisa bagi Pasien dan keluarga dengan tema “ Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal Kronis”. Dalam rangka realisasi program Tim PKRS RSUD Sleman, pada tanggal 21 Mei 2016 mengadakan sarasehan “Hidup Berkualitas dengan Penyakit Ginjal Kronis “ di Auditorium Gedung Pelayanan Terpadu RSUD Sleman. Acara diawali sambutan dari Ketua Tim PKRS : “ Sarasehan ini merupakan wujud apresiasi/penghargaan kepada pasien dan keluarga yang telah percaya dan setia menggunakan jasa pelayanan di RSUD Sleman, terutama pelayanan Hemodialisa. Selain memberikan pelayanan medis kepada pasien, RSUD Sleman juga memberikan pelayanan medis kepada pasien dan keluarga dengan harapan bahwa pasien dapat hidup berkualitas walaupun dengan menjalani HD.


Dr. Joko Hastaryo, M.Kes, Direktur RSUD Sleman dalam sambutannya menyatakan bahwa RSUD Sleman senantiasa meningkatkan mutu pelayanan HD, dari tahun 2006 RSUD Sleman hanya mempunyai 6 mesihn HD, kemudian 2010 menjadi 20 mesin dan akhir 2014 menjadi 26 mesin. Selain menambah jumlah mesin juga peningkatan pada ruangan/gedung pelayanan HD, bekerja sama dengan Fresenius telah dibangun Gedung Center HD yang nyaman untuk pasien menjalani HD.


Sebagai narasumber utama yaitu dr. Bambang Djarwoto, Sp.PD, KGH memberikan pemahaman singkat mengenai struktur anatomi ginjal dan fungsinya, apa penyebab gagal ginjal dan komplikasinyaserta kapan seseorang harus menjalani terapi hemodilaisa atau cuci darah. Akan tetapi yang menajdi poin penting adalah bagaimana seorang pasien dalam menjalani kesehariannya walaupun sudah menjalani cuci darah sehingga kualitas hidupnya dapat terjaga dengan baik.


Bagaimana diet untuk pasien HD, tujuan diet dan bagaimana tata laksana pasien malnutrisi dijelaskan dengan gamblang oleh dr. Martalena Purba.


Acara sarasehan juga diisi dengan permainan motivasi oleh Lilis Cahyareni, dieselingi pembagian HD Award.


Sarasehan tersebut dinilai oleh seluruh pasien dan keluarga pasien sangat bermanfaat dalam memberikan infromasi yang jelas dan benar mengenai berbagai hal tentang HD diharapkan acara sarasehan dapat terselenggara di tahun-tahun yang akan datang,


Masih dalam rangkaian peringatan hari DM yang jatuh pada tanggal 14 November, pada hari Sabtu tanggal 23 April 2016 di Auditorium GPT RSUD Sleman, Tim Promosi Kesehatan RSUD Sleman mengadakan sarasehan dengan Tema “ Hidup Sehat dengan Diabetes Melitus”


Tema tersebut diangkat dengan tujuan pasien yang telah didiagnosa menyandang DM tetap bisa hidup sehat dengan menerapkan pola hidup sehat, menjaga pola makan, olahraga, tidak merokok akan mencegah komplikasi yang ada, demikian sambutan dari Ketua Tim PKRS.


Dalam sambutannya Direktur RSUD Sleman, dr. Joko Hastaryo, M.Kes mengatakan upaya meningkatkan mutu pelayanan yang berfokus pada pasien selalu dilakukan oleh RSUD Sleman dengan berusaha pemenuhan SDM serta sarana baik alat maupun fisik ruang/gedung sebagai tempat untuk pelayanan. GPT merupakan salah satu wujud dari upaya tersebut.


dr. Dian Pratiwi, Sp.PD sebagai narasumber menjelaskan DM sebagai penyakit kronik yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah karena menurunnya kadar insulin dan /terganggunya fungsi insulin. Gula darah yang meningkat merusak tubuh terutama pembuluh darah dan saraf.



Baca Juga Berita Lainnya
GALERI TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK