large image
PEMERIKSAAN TORCH GRATIS
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-10-28 -|- 08:20:00 oleh Admin
Share this article on

PEMERIKSAAN TORCH GRATIS


 


Dalam rangka memperingati HUT ke 40 atau 5 windu RSUD Sleman mengadakan kegiatan bakti social pemeriksaan dan pengobatan TORCH bekerjasama dengan Bapel Jamkesos dan IDI Sleman. Kegiatan ini sekaligus memperingati hari ulang tahun IDI ke 67.


Torch adalah singkatan dari Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus yang terdiri dari HSV1, dan HSV2 serta kemungkinanoleh virus lain.


Dr. Widya Pafitri, Sp.M selaku Ketua Panitia dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 147 peserta dari wilayah DIY.  Sebenarnya minat masyarakat untuk mengikuti pemeriksaan TORCH cukup besar namun panitia membatasi jumlah peserta agar mendapatkan pelayanan yang maksimal.


Dalam sambutanya Agus Priyanto, M.Kes selaku Kepala Seksi Pemeliharaan Kesehatan Bapel Jamkesos DIY menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan TORCH secara masal dan gratis bagi masyarakat karena di biayai oleh BAPEL Jamkesos DIY sepenuhnya mulai dari pemeriksaan preventif sampai pengobatan. Kegiatan ini seperti ini  dilaksanakan hanya di DIY, belum ada daerah lain yang melakukan kegiatan serupa. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah :



  1. Menurunkan angka kematian bayi.

  2. Menurunkan kelahiran dengan kelainan.


Acara ini dibuka secara simbolis oleh dr Joko Hastaryo, M.Kes selaku Direktur RSUD Sleman, sekaligus mencanangkan dimulainya serangkaian kegiatan dalam memperingati HUT RSUD Sleman. RSUD Sleman ditetapkan sejak tanggal 7 November 1977, sehingga tahun ini genap 5 windu atau 40 tahun.


Dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang dilakukan di RSUD Sleman salah satunya adalah upaya menurunkan kematian bayi dan ibu. Upaya untuk menurunkan kecacatan serta penyakit yang menyertai kehamilan sampai kelahiran belum ada, maka dari itu kegiatan ini dilaksanakan. Harapannya hasil pemeriksaan dari semua peserta adalah negative, namun bila ada yang positif akan dijamin oleh BAPEL Jamkesos DIY untuk mendapatkan pengobatan secara tuntas. Pengalaman istri beliau ternyata harus kehilangan putra pertama karena terinfeksi toxoplasma, namun setelah mengikuti pengobatan bisa sembuh total dan bisa mempunyai 2 anak yang sehat.


Peserta yang mengikuti pemeriksaan skrening TOSRCH berjumlah 147 orang, sedangkan yang tidak lolos verifikasi sejumlah …. Orang.


Hasil pemeriksaan laboratorium akan bisa diketahui setelah 10 hari. Pada saat pengambilan hasil peserta akan dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesialis kandungan (Obsgyn)


Acara berakhir pada pukul 15.00 wib



Baca Juga Berita Lainnya
GALERI TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK