Menu Close

LAUNCHING DAN PENYERAHAN SERTIFIKAT KLINIK VAKSINASI INTERNASIONAL RSUD SLEMAN

Penyerahan Sertifikat Klinik Vaksinasi Internasional dari Kepala KKP DIY kepada Bupati Sleman dilanjutkan diserahkan kepada plt.Direktur RSUD Sleman

Dalam rangka untuk memberikan perlindungan kesehatan masyarakat bagi perilaku perjalanan internasional perlu diberikan vaksinasi yang dibuktikan dengan pemberian Sertifikat Vaksinasi Internasional (International Certificate of Vaccination/ICV). Tata cara penerbitan sertifikat oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kepada Rumah Sakit pelaksana pelayanan vaksinasi internasional diatur di dalam Peraturan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit nomor: SR 03.04/II/2745/2018.

Sertifikat Vaksinasi Internasional adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang telah mendapatkan vaksinasi dan/atau profil aksis yang diperlukan untuk perjalanan internasional tertentu

Setiap orang yang akan melakukan perjalanan internasional dari dan ke negara terjangkit dan/atau endemis penyakit menular tertentu dan/atau atas permintaan Negara tujuan wajib diberikan vaksinasi tertentu sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

RSUD Sleman dalam melaksanakan vaksinasi telah memenuhi beberapa persyaratan antara lain:

  1. Memiliki tenaga kesehatan pelaksana Vaksinasi yaitu 4 dokter yang mempunyai sertifikat kursus vaksin (2 dokter spesialis penyakit dalam dan dokter umum), perawat dan tenaga administrasi. Semua tenaga tersebut  sudah mengikuti Bimtek dari KKP Yogyakarta.
  2. Memiliki fasilitas manajemen rantai dingin (cold chain) sesuai standar;
  3. Memiliki izin operasional fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  4. Memiliki sarana dan prasarana system manajemen teknologi informasi yang terhubung secara  daring.

Pada bulan Oktober 2019 lalu RSUD Sleman untuk menyelenggarakan penerbitan ICV telah mengajukan berkas permohonan pelaksanaan penerbitan dan permintaan blanko ICV kepada KKP Yogyakarta. Setelah melalui beberapa tahapan  juga simulasi dan verifikasi dari KKP Yogyakarta,hasilnya baik makapada tanggal 5 Maret 2020 KKP Yogyakarta di Ruang Pronojiwo dilakukan penyerahan sertfikat Klinik Vaksinasi Internasional kepada RSUD Sleman.

Pada tanggal 5 Maret 2020 RSUD Sleman menerima sertifikat vaksin Internasional dari KKP D.I.Yogyakarta. Penyerahan sertifikat vaksin diserahkan oleh Kepala KKP Yoedi AriyantoSe., BSc., MEpid kepada Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, M.S.I. dilanjutkan dengan penyerahan kepada plt. Direktur RSUD Sleman dr.Joko Hastaryo, M.Kes. Setelah itu,dilanjutkan peresmian Klinik vaksinasi RSUD Sleman oleh Bapak Bupati Sleman dengan pemotongan pita.

Penyerahan sertifikat tersebut berarti RSUD Sleman sudah bisa melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat yang akan ke luar negeri (Umroh, Haji, dll). Pelaksanaan kegiatan tersebut tidak menjadi satu/dipisah dengan pasien umum. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga  dipusatkan dan dibuatkan klinik vaksinasi tersendiri di lantai 4. GPT RSUD Sleman.(rm/rin)

Berita Lain

Pendaftaran Via Whatsapp