Menu Close

Menik Gasik, Inovasi RSUD Sleman Untuk Memperlancar Komunikasi dengan Pasien COVID-19 Dan Keluarga

Komunikasi menjadi salah satu tantangan tersendiri dalam proses pelayanan pasien COVID-19 khususnya di fasilitas kesehatan.  Penyakit dengan resiko penularan tinggi, keterbatasan SDM serta APD menyebabkan petugas harus mengatur kegiatan kunjungan ke pasien seefektif mungkin. Petugas juga harus mengenakan APD lengkap saat berkomunikasi dengan pasien. Sehingga hal ini menimbulkan masalah dalam berkomunikasi serta jarak antara pasien dan petugas. Begitu juga dengan keluarga, selama pasien di rawat di ruang isolasi petugas juga harus berkomunikasi dalam rangka memenuhi kebutuhan pribadi pasien, administrasi dan konseling keluarga.

Menik Gasik adalah singkatan dari  Media Komunikasi Petugas, Pasien dan Keluarga, sebagai program guna mengatasi keterbatasan komunikasi antara petugas dengan pasien dan keluarga.

Dengan program tersebut,  komunikasi petugas dengan pasien dan keluarga tidak terganggu, sepertihalnya berada di ruangan perawatan biasa, sehingga pelayanan di ruangan isolasi tetap optimal.

Berita Lain