Konsep dasar Logo Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sleman berasal dari lambang rumah sakit yaitu +. Gambar lambang rumah sakit (+), kemudian dibentuk kembali menjadi dua gambar yaitu gambar berwarna biru mengandung makna “pengelola rumah sakit” dan gambar yang berwarna hijau melambangkan “masyarakat pengguna pelayanan”. Pembentukan dua gambar menghasilkan garis melengkung menyerupai tipografi huruf S, untuk menunjuk kan rumah sakit ini milik Pemerintah Kabupaten Sleman, dan menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Sleman selaras dengan Visi RSUD Sleman adalah “Menjadi Rumah Sakit Andalan di Kabupaten Sleman”. Keberadaan dan keberhasilan rumah sakit dalam mewujudkan visi dan melaksanakan misi, tugas, dan fungsinya ditentukan oleh kemampuan pengelola rumah sakit sebagai penyedia pelayanan dalam menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan masyarakat penerima pelayanan. Hal ini selaras dengan motto RSUD Sleman yaitu “Mitra Kesehatan Anda”.
Warna pada logo RSUD Sleman dapat dijelaskan bahwa warna biru melambangkan kekuatan dan kesederhanaan. Warna gradasi dari biru tua ke biru muda memiliki makna segenap jajaran pengelola rumah sakit harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sesuai dengan misi pertama RSUD Sleman yakni: “Menyelenggarakan pelayanan kesehatan yang berkualitas, paripurna, dan terjangkau dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran/kesehatan yang memadai”. Sedangkan warna hijau bermakna ketulusan, keikhlasan, dan kesungguhan hati. Makna ini diwujudkan dalam maklumat pelayanan RSUD Sleman yakni: “Dengan tulus ikhlas dan kesungguhan hati, kami bertekad mematuhi dan melaksanakan Standar Pelayanan untuk memberikan pelayanan yang terbaik yang berfokus kepada pasien”. Kemitraan pengelola RSUD Sleman dengan masyarakat pengguna pelayanan dan para pemangku kepentingan yang dilambangkan dalam dua bentuk gambar logo, memiliki kesesuaian dengan misi kedua RSUD Sleman yaitu: “Meningkatkan pelayanan kesehatan melalui pengembangan sumber daya manusia dan upaya pengembangan jejaring (networking) pelayanan dan kemitraan”.